Berikut ini kami bagikan kunci jawaban dan soal Pembelajaran Dalam Jaringan(Daring) untuk modul Pedagogi pembelajaran 3 yang berkaitan dengan Merancang dan Menilain pembelajaran abad 21.Pada soal formatif ini tersedia 10 soal dan bapak/ibu guru di kasih kesempatan sebanyak 3 kali jika nilai yang didapatkan kurang memuaskan.
Berikut ini soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 1 Kb 3 Pedagogik tentang Merancang dan Menilain pembelajaran abad 21.
1.
Peraturan menteri Pendidikan dan Kebudayaan no 22 tahun 2016
tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah menyebutkan komponen
rencana pembelajaran berikut yg tdk termasuk komponen RPP yaitu ...
a.
PENILAIAN KEPALA
SEKLAH
b.
Metode pembelajaran
c.
Identitas mata pelajaran atau tema/subtema
d.
Materi pokok
e.
Identitas sekolah
2.
Penyusunan rancangan pembelajaran pada K13 tentang penilaian
menyesuaikan karakteristik belajar abad 21 bercirikan ...
a.
Adanya kerjasama tim
b.
ADANYA PENILAIAN
AUTENTIK
c.
Adanya observer dalam pembelajaran
d.
Adanya media teknologi berbasis online
e.
Adanya diskusi
3.
Mengapa dukungan infrastruktur pembelajaran berperan penting
dalam pencapaian kompetensi di abad 21
a.
Karena mencakup aspek desain yg flexibel
b.
KARENA MENJADI
FKTOR PENUNJANG YG SIGNIFIKAN
c.
Karena tidak memfasilitasi ketehubungan yg konstruktif
d.
Informasi tidak terbatas
e.
Desain yg mempersulit berhubungan dengan dunia luar/komunitas
yg lebih luas
4.
Berikut karakteristik model suatu pembelajaran 1) working
autonomy 2)practical relevance 3)learning of soft skills 4) cooperation of
university & practice model pembelajaran yg sesuai karakteristik di atas
adalah ...
a.
PROJECT ORIENTED
LEARNING
b.
Project Based Learning
c.
Contextual Learning
d.
Problem Based lEarning
e.
Cooperative Learning
5.
Siswa membuat keputusan & membuat kerangka kerja &
terdapat masalah yg pemecahannya tidak ditentukn sebelumnya. Hal ini merupakan
ciri khas model ...
a.
Project oriented learning
b.
PROJECT BASED
LEARNING
c.
Contextual Learning
d.
Problem Based lEarning
e.
Cooperative Learning
6.
Rancangan pembelajaran di abad ke 21 diharapkan dapat disusun
oleh guru dengan tujuan untuk ...
a.
MENGEMBANGKAN
POTENSI SISWA MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI BERBASIS KOMPUTER & MEDIA
ONLINE
b.
Mencapai hasil pembelajaran yg optima
c.
Optimalisasi media berbasis online
d.
Mengembangkan kreativitas & inovasi siswa
e.
Menambah pengetahuan & pengalaman guru
7.
Rancangan pembelajaran abad 21 yg harus disiapkan guru
mencakup 3 hal pokok. Berikut yg bukan merupakan 3 hal pokok tersebut ...
a.
Masalah pembelajaran
b.
Inti materi pembelajaran
c.
Strategi pembelajaran
d.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
e.
Evaluasi pembelajaran
8.
Berikut ini yg merupakan tipe pembelajaran cooperative
learning ...
a.
Project based learning
b.
Quantum learning
c.
Contextual learning
d.
THINK PAIR SHARE
(TPS)
e.
Problem solving
9.
Model pembelajaran yang sering diterapkan guru pada
pembelajaran abad 21 antaranya
a.
Diskusi
b.
PROBLEM BASED
LEARNING
c.
Konvensional
d.
Inquiry
e.
scientifik
10.
model pembelajaran cooperative learning berikut yg paling
sesuai untuk membelajrkan Bahasa Indonesia adalah ...
a.
Contextual Learning
b.
Problem Solving
c.
Cooperative Integrated Reading & Composition (CIRC)
d.
TEAM GAMES
TOURNAMENT (TGT)
e.
Learning Cycle (Daur Belajar)
Sekian dari kami semoga bermanfaat bagi rekan-rekan guru sekalian.Jika belum puas dengan
nilai yang didapatkan silahkan bisa mengerjakan kembali di akun spada masing-masing.