Guru secara yuridis diakui sebagai bagian dari tenaga kependidikan sebagai suatu profesi dengan keahlian khusus. Berbagai produk hukum dan kebijakan telah dikeluarkan pasca UUGD Nomor 14 tahun 2015 dalam rangkat meningkatkan kualitas guru.
Profesi guru
bukan sekedar agen kurikulum namun secara akademis ikut merancang konsep dan gagasan bagi upaya-upaya trasformasi dunia pendidikan dan masyarakat pada umumnya. Profesi guru di Indonesia memenuhi kriteria profesi pendidikan yang ditetapkan NEA.
Pemerintah
guna menjaga mutu guru telah mengeluarkan Permendiknas no 35 Tahun 2010 tentang Jabatan Guru dan Angka Kreditnya serta Permendiknas nomor 35 Tahun 2010 terkait aspek penilaian meliputi pelaksanaan proses pembelajaran, pembimbingan, dan pelaksanaan tugastambahan lain yang relevan.
Abad 21 menuntut perubahan peran guru lebih kepada kontekstualisasi informasi dan mengajarkan nilai nilai-nilai etika, budaya, kebijaksanaan, pengalaman, empati sosial, sikap-sikap, dan keterampilan esensial abad 21 yaitu kolaborasi, komunikasi, berpikir kritis, dan kreativitas (4C). Guru harus terus belajar dalam konteks Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) meliputi pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif. Penting bagi guru selalu melakukan refleksi pembelajaran, mengidentifikasi masalah, merancang tindakan, melaksanakan mengevaluasi hasil dan tindaklanjut sebagai bagian dari kebiasaaan pengembangan keprofesian bekelanjutan.
Perkembangan masif Teknologi Informasi dan Komunikasi membawa perubahan pola-pola pembelajaran sehingga guru dituntut mampu menyesuaikan mode-mode pembelajaran baru. Penting bagi guru memiliki ICT literacy dan paket pengetahuan dalam mengintegrasikan kemampuan pedagogis, penguasaan materi, dan cara pembelajarannya.
Guru adalah pengembang gagasan dan ide bagi transformasi pendidikan bukan sekedar pelaksana kurikulum.
Question 1(1 point)
Manakah pernyataan berikut yang
menurut pandangan Anda paling tepat
Question 1 options:
Pengetahuan teknologi jauh lebih penting daripada
pengetahuan mengenai pedagogi
|
|
Pengetahuan cara mengintegrasikan
teknologi, pedagogi, dan materi lebih penting dari kecanggihan teknologi itu
sendiri
|
|
Penerapan satu metode pembelajaran dengan sangat
baik lebih baik daripada menggunakan banyak metode
|
|
Semakin canggih teknologi semakin dapat
meningkatkan efektifitas pembelajaran
|
|
Metode-metode pembelajaran berbasis teacher
centris tidak cocok menggunakan teknologi
|
Question 2(1 point)
Penjelasan tentang kompetensi dan kualifikasi guru terdapat pada
Question 2 options:
UU Sisdiknas Tahun 2003
|
|
Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No 23
|
|
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No
16 tahun 2007
|
|
Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No 24
|
|
PP No 19 tahun 2005 tentang standar nasional
pendidikan
|
Question
3(1 point)
Indikator guru mampu memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk
kepentingan pembelajaran ditandai dengan
Question 3 options:
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi
untuk merancang program remedial dan pengayaan
|
|
Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan
evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
|
|
Mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi
kepada pemangku kepentingan
|
|
Memanfaatkan hasil refleksi untuk
perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu
|
|
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi
untuk menentukan ketuntasan belajar
|
Question
4(1 point)
Setiap selesai melakukan proses
pembelajaran, Pak Puji selalau melakukan kegiatan reflektif, tindakan reflektif
merupakan indikator kompetensi
Question 4 options:
Pedagogik
|
|
Sosial
|
|
Kepribadian
|
|
Professional
|
|
Intelektual
|
Question
5(1 point)
Berikut yang termasuk ciri
seorang guru memiliki kompetensi pedagogik
Question 5 options:
Menjunjung tinggi kode etik profesi guru
|
|
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar
|
|
Menguasai substansi materi pelajaran
|
|
Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur,
berakhlak mulia dan menjadi teladan di masyarakat.
|
|
Memahami prinsip-prinsip perencanaan
pembelajaran yang mendidik
|
Question
6(1 point)
Berkomunikasi dengan komunitas
profesi, teman sejawat dan kunitas ilmiah, termasuk merupakan komptensi
Question 6 options:
Intelektual
|
|
Kepribadian
|
|
Pedagogik
|
|
Professional
|
|
Sosial
|
Question
7(1 point)
Berikut yang bukan keterampilan abad 21 yang minimal harus dimiliki
oleh siswa...
Question 7 options:
Reaktif
|
|
Kolaboratif
|
|
Kumunikatif
|
|
Kreatif
|
|
Berpikir kritis
|
Question
8(1 point)
Berikut yang bukan termasuk keterampilan dasar Ddalam mengembangkan
pengelolaan pembelajaran abad 21 yaitu...
Question 8 options:
mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran
|
|
menguasai satu metode pembelajaran
|
|
menerapkan kemampuan berpikir tingkat tinggi
(higher order thinking)
|
|
menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi
|
|
penguatan tugas utama sebagai perancang
pembelajaran
|
Question
9(1 point)
Guru secara yuridis adalah bagian
dari tenaga kependidikan yang diakui secara legal sebagai profesi dengan
keahlian khusus. Manakah jenis kegiatan berikut yang merupakan keahlian khusus
Question 9 options:
Melakukan analisis pembelajaran, mencatat peserta
didik terlambat, mengabsen kehadiran
|
|
Membuka pelajaran, melakukan ceramah, menutup
pelajaran, mengelola tabungan
|
|
Memilih metode, merancang media, menyerahkan
nilai, membagikan rapor
|
|
Memilih media, mengelola kelas,
mengembangkan strategi pembelajaran
|
|
Membina OSIS, mendampingi study tour, memimpin
upacara, mengikuti rapat
|
Question
10(1 point)
Salah satu ciri profesi
adalah merupakan aktivitas intelektual. Manakah pernyataan yang paling sesuai
dengan pernyataan di atas
Question 10 options:
Memilih media dengan mempertimbangkan
karakteristik materi, peserta didik, dan tujuan pembelajaran
|
|
Melestarikan metode pembelajaran yang selama ini
diterapkan para senior
|
|
Menggunakan intuisi yang baik dalam memilih metode
pembelajaran
|
|
Mengelompokkan peserta didik sesuai persepsi kita
terhadap siswa
|
|
Memelihara kebiasaan yang ada dan sudah berjalan
baik
|
Question
11(1 point)
Manakah kelompok kegiatan berikut
yang merupakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan pengembangan diri secara
kolektif
Question 11 options:
Menghadiri forum KKG, MGMP, dan diskusi
ilmiah
|
|
Menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi
|
|
Menulis artikel, membuat laporan PTK, dan
menghasilkan media pembelajaran
|
|
Mengikuti diklat pengembangan media pembelajaran
|
|
Menghasilkan model pembelajaran inovatif
|
Question
12(1 point)
Sebagai antisipasi terhadap
perkembangan teknologi maka guru sebagai suatu profesi sebaiknya
Question 12 options:
Meningkatkan penguasaan keterampilan teknis
pengoperasian komputer
|
|
Membeli perangkat ICT keluaran terbaru secara
periodik
|
|
Mengikuti kursus penguasaan program aplikasi
terbaru
|
|
Meningkatkan kemampuan integrasi
teknologi ke dalam sistem pembelajaran
|
|
Meningkatkan kemampuan merawat komputer dan
jaringan
|
Question
13(1 point)
Memahami karateristik siswa dari aspek fisik, moral, sosial, kultural,
emosioal dan intelektual termasuk dalam kompetensi
Question 13 options:
Pedagogi
|
|
Professional
|
|
Kepribasian dan profesiaonal
|
|
Kepribadian
|
|
Sosial
|
Question
14(1 point)
Manakah sikap guru berikut ini yang bukan menunjukkan dirinya sebagai
professional learning...
Question 14 options:
Mengikuti program diklat sesuai
kebutuhan pribadi
|
|
Memanfaatkan program pendidikan dan latihan yang
diselenggarakan pemerintah dengan aktif berpartisipasi
|
|
Mengembangkan budaya membaca
|
|
Mencari jawaban atas persoalan di kelasnya melalui
forum-forum diskusi
|
|
Merancang dan melaksanakan PTK sampai melaksanakan
tindaklanjut
|
Question
15(1 point)
Manakah alasan yang paling tepat
pentingnya perubahan paradigma terhadap pembelajaran abad 21
Question 15 options:
Abad 21 penuh tantangan sehingga kontrol guru
harus semakin diperketat
|
|
Teknologi informasi dan komunikasi bisa mengatasi
seluruh persoalan pembelajaran
|
|
Teknologi informasi dan komunikasi
menyebabkan perubahan peran guru bukan lagi satu-satunya sumber belajar
|
|
Teknologi informasi dan komunikasi sangat
menentukan keberhasilan pencapaian tujuan
|
|
Semakin canggih teknologi maka pembelajaran akan
semakin berhasil
|
Question
16(1 point)
Berikut ini merupakan ciri belajar
seorang profesional kecuali
Question 16 options:
Belajar berbasis pengalaman melalui proses aksi
refleksi secara siklikal
|
|
Menggunakan pengalaman sebagai aktivitas belajar
|
|
Mempertimbangkan konteks
|
|
Mengedepankan intuisi yang tajam
|
|
Tindakan bersumber dari sikap reflektif
|
Question
17(1 point)
Fungsi organisasi profesi sesuai
pasal 41 ayat (2) UUGD adalah untuk
Question 17 options:
Berbagi informasi, mensejahterakan anggota,
meningkatkan pengetahuan anggota, dan melatih loyalitas
|
|
Memperkuat identitas, memberikan ciri pokok, mengembangkan
solidaritas, dan mewadahi bakat minat
|
|
Melindungi anggota, menjaga kekompakan, mencari
bantuan dana, memajukan pendidikan
|
|
Menambah pendapatan, memajukan masyarakat, dan
meningkatkan kepedulian sosial
|
|
Memajukan profesi, meningkatkan
kompetensi, karier, wawasan kependidikan, perlindungan profesi, dan
pengabdian kepada masyarakat
|
Question
18(1 point)
Penelitian tindakan kelas bisa merupakan
bagian dari Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Berikut adalah tujuan dari
PTK, kecuali
Question 18 options:
Meningkatkan profesionalisme guru
|
|
Meningkatkan mutu pembelajaran dan mempertinggi
mutu sekolah
|
|
Memperbaiki mutu praktek pembelajaran di kelas
(masalah yang dirasakan)
|
|
Melakukan tindakan yang diyakini lebih
baik
|
|
Memecahkan masalah nyata di kelas
|
Question
19(1 point)
Berikut merupakan pernyataan yang
benar mengenai suatu profesi pendidikan
Question 19 options:
Memiliki organisasi profesi yang kuat
|
|
Memiliki kekebalan hukum
|
|
Merupakan aktivitas yang bersifat intuitif
|
|
Mengutamakan layanan kepada anggota agar bisa
mengabdi masyarakat
|
|
Memiliki kajian spesifik yang pernah digeluti,
direfleksikan, dan dikembangkan
|
Question
20(1 point)
Paradigma guru sebagai professional
learning dalam konteks guru dalam jabatan dapat dimaknai
Question 20 options:
Guru sebagai profesi memerlukan proses pendidikan
yang lama
|
|
Guru adalah seorang profesional yang terus mau
belajar dan mengembangkan diri
|
|
Guru profesional memiliki sertifikat pendidik
|
|
Profesi guru memerlukan keahlian khusus
|
|
Guru memiliki 4 kompetensi yang utuh
|
Question
21(1 point )
Generasi milenium memiliki literasi
digital dan kesempatan akses informasi cenderung lebih baik. Sikap anda sebagai
guru sebaiknya
Question 21 options:
Mengambil peran baru untuk membantu
peserta didik berpikir kritis dan selektif
|
|
Membatasi peserta didik dalam aksesibilitas
informasi
|
|
Menginformasikan kepada peserta didik bahwa
teknologi merusak generasi
|
|
Melarang peserta didik mengakses internet karena
berpotensi negative
|
|
Melakukan kontrol ketat penggunaan teknologi
informasi dan komunikasi
|
Question 22(1 point)
Bagaimana
sebaiknya sikap dan pandangan Anda selaku guru menghadapi peran baru abad 21
Question
22 options:
Tatap muka tidak lebih efektif daripada
interaksi yang dimediasi teknologi
|
|
Pembelajaran perlu diberikan kebebasan tidak perlu
dirancang skenario pembelajaran
|
|
Peran baru lebih berat karena memerlukan kemampuan
mengelola komunitas belajar
|
|
Peran baru lebih ringan karena peserta didik bisa
mendapatkan informasi lebih mudah
|
|
Peran lebih difokuskan kepada administratif karena
peserta didik sudah mandiri
|
Question 23(1 point)
Menunjukan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi
guru dan percaya diri merupakan kompetensi
Question 23 options:
Kepribadian
|
|
Professional
|
|
Intelektual
|
|
Pedagogi
|
|
Sosial
|
Question 24(1 point)
Bersikap reflektif bagi seorang
guru adalah penting berarti
Question 24 options:
Guru harus meyakini setiap tindakannya adalah
ilmiah dan rasional
|
|
Guru harus mengkritisi praktek yang
telah dilakukan dan melakukan perbaikan
|
|
Guru selalu mengkaji apa yang telah dilakukan
untuk didokumentasikan
|
|
Guru harus mengedepankan dan mempertahankan
kebiasaan-kebiasaan baik
|
|
Guru perlu mengabaikan hal-hal yang masih kurang
karena tidak efektif
|
Question 25(1 point)
Berkomunikasi
dengan orang tua siswa dan masyarakat secara santun, empatik, dan efektif
tentang program pembelajaran dan kemajuan siswa, serta mengikutsertakan orang
tua dan masyarakat dalam program pembelajaran dan dalam mengatasi kesulitan
belajar siswa, merupakan kompetensi
Question
25 options:
Pedagogik
|
|
Kepribadian
|
|
Sosial
|
|
Professional
|
|
Humanis
|
Question 26(1 point)
Memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri
termasuk dalam kompetensi
Question
26 options:
Pedagogik
|
|
Intelektual
|
|
Sosial
|
|
Professional
|
|
Kepribadian
|
Question 27(1 point)
Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik
pembelajaran yang mendidik secara kreatif dengan mengintegrasikan teknologi
merupakan kompetensi inti pedagogik pada aspek
Question 27
options:
berkomunikasi pada peserta didik
|
|
Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
|
|
Pengembangan kurikulum
|
|
Penguasaan terhadap karateristik peserta didik
|
|
Penguasaan pada teori belajar dan
prinsip-prinsip pembelajaran
|
Question 28(1 point)
Melakukan penelitian tindakan kelas
untuk meningkatkan kualitas pembelajaran merupakan kompetensi pedagogi pada
aspek
Question 28 options:
Melakukan tindakan reflektif
|
|
Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
|
|
Penguasaan terhadap karateristik peserta didik
|
|
Pengembangan kurikulum
|
|
Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran
|
Question 29(1 point)
Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta
didik mencapai prestasi secara optimal dengan kreativitasnya termasuk kemampuan
pedagogik pada aspek
Question 29 options:
Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran
|
|
Pengembangan kurikulum
|
|
Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
|
|
Memfasilitasi pengembangan potensi
peserta didik
|
|
Penguasaan terhadap karateristik peserta didik
|
Question 30(1 point)
Berikut yang bukan aspek penting dalam pengelolaan pembelajaran abad
21...
Question 30 options:
menghindari penggunaan smartphone yang
berlebihan dalam pembelajaran
|
|
menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi
|
|
menerapkan kemampuan berpikir tingkat tinggi
(higher order thinking)
|
|
mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran
|
|
penguatan tugas utama guru sebagai perancang
pembelajaran yang kreatif dan inovatif
|