Sabtu, 29 Februari 2020

Kunci Jawaban Soal Tes Sumatif Modul 2 Pengembangan Profesi Guru


Guru secara yuridis diakui sebagai bagian dari tenaga kependidikan sebagai suatu profesi dengan keahlian khusus. Berbagai produk hukum dan kebijakan telah dikeluarkan pasca UUGD Nomor 14 tahun 2015 dalam rangkat meningkatkan kualitas guru.

Profesi guru
bukan sekedar agen kurikulum namun secara akademis ikut merancang konsep dan gagasan bagi upaya-upaya trasformasi dunia pendidikan dan masyarakat pada umumnya. Profesi guru di Indonesia memenuhi kriteria profesi pendidikan yang ditetapkan NEA.

Pemerintah
guna menjaga mutu guru telah mengeluarkan Permendiknas no 35 Tahun 2010 tentang Jabatan Guru dan Angka Kreditnya serta Permendiknas nomor 35 Tahun 2010 terkait aspek penilaian meliputi pelaksanaan proses pembelajaran, pembimbingan, dan pelaksanaan tugastambahan lain yang relevan.


Abad 21 menuntut perubahan peran guru lebih kepada kontekstualisasi informasi dan mengajarkan nilai nilai-nilai etika, budaya, kebijaksanaan, pengalaman, empati sosial, sikap-sikap, dan keterampilan esensial abad 21 yaitu kolaborasi, komunikasi, berpikir kritis, dan kreativitas (4C). Guru harus terus belajar dalam konteks Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) meliputi pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif. Penting bagi guru selalu melakukan refleksi pembelajaran, mengidentifikasi masalah, merancang tindakan, melaksanakan mengevaluasi hasil dan tindaklanjut sebagai bagian dari kebiasaaan pengembangan keprofesian bekelanjutan.

Perkembangan masif Teknologi Informasi dan Komunikasi membawa perubahan pola-pola pembelajaran sehingga guru dituntut mampu menyesuaikan mode-mode pembelajaran baru. Penting bagi guru memiliki ICT literacy dan paket pengetahuan dalam mengintegrasikan kemampuan pedagogis, penguasaan materi, dan cara pembelajarannya.

Guru adalah pengembang gagasan dan ide bagi transformasi pendidikan bukan sekedar pelaksana kurikulum.  


Question 1(1 point) 

Manakah pernyataan berikut yang menurut pandangan Anda paling tepat
Question 1 options:
Pengetahuan teknologi jauh lebih penting daripada pengetahuan mengenai pedagogi
Pengetahuan cara mengintegrasikan teknologi, pedagogi, dan materi lebih penting dari kecanggihan teknologi itu sendiri
Penerapan satu metode pembelajaran dengan sangat baik lebih baik daripada menggunakan banyak metode
Semakin canggih teknologi semakin dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran
Metode-metode pembelajaran berbasis teacher centris tidak cocok menggunakan teknologi

Question 2(1 point) 

Penjelasan tentang kompetensi dan kualifikasi guru terdapat pada
Question 2 options:
UU Sisdiknas Tahun 2003
Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No 23
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 16 tahun 2007
Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No 24
PP No 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan

Question 3(1 point) 

Indikator guru mampu memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran ditandai dengan
Question 3 options:
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan
Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
Mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingan
Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar

Question 4(1 point) 

Setiap selesai melakukan proses pembelajaran, Pak Puji selalau melakukan kegiatan reflektif, tindakan reflektif merupakan indikator kompetensi
Question 4 options:
Pedagogik
Sosial
Kepribadian
Professional
Intelektual

Question 5(1 point)

 Berikut yang termasuk ciri seorang guru memiliki kompetensi pedagogik
Question 5 options:
Menjunjung tinggi kode etik profesi guru
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar
Menguasai substansi materi pelajaran
Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia dan menjadi teladan di masyarakat.
Memahami prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran yang mendidik

Question 6(1 point) 

Berkomunikasi dengan komunitas profesi, teman sejawat dan kunitas ilmiah, termasuk merupakan komptensi
Question 6 options:
Intelektual
Kepribadian
Pedagogik
Professional
Sosial

Question 7(1 point) 

Berikut yang bukan keterampilan abad 21 yang minimal harus dimiliki oleh siswa...
Question 7 options:
Reaktif
Kolaboratif
Kumunikatif
Kreatif
Berpikir kritis

Question 8(1 point) 

Berikut yang bukan termasuk keterampilan dasar Ddalam mengembangkan pengelolaan pembelajaran abad 21 yaitu...
Question 8 options:
mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran
menguasai satu metode pembelajaran
menerapkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking)
menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi
penguatan tugas utama sebagai perancang pembelajaran

Question 9(1 point) 

Guru secara yuridis adalah bagian dari tenaga kependidikan yang diakui secara legal sebagai profesi dengan keahlian khusus. Manakah jenis kegiatan berikut yang merupakan keahlian khusus
Question 9 options:
Melakukan analisis pembelajaran, mencatat peserta didik terlambat, mengabsen kehadiran
Membuka pelajaran, melakukan ceramah, menutup pelajaran, mengelola tabungan
Memilih metode, merancang media, menyerahkan nilai, membagikan rapor
Memilih media, mengelola kelas, mengembangkan strategi pembelajaran
Membina OSIS, mendampingi study tour, memimpin upacara, mengikuti rapat

Question 10(1 point)

 Salah satu ciri profesi adalah merupakan aktivitas intelektual. Manakah pernyataan yang paling sesuai dengan pernyataan di atas
Question 10 options:
Memilih media dengan mempertimbangkan karakteristik materi, peserta didik, dan tujuan pembelajaran
Melestarikan metode pembelajaran yang selama ini diterapkan para senior
Menggunakan intuisi yang baik dalam memilih metode pembelajaran
Mengelompokkan peserta didik sesuai persepsi kita terhadap siswa
Memelihara kebiasaan yang ada dan sudah berjalan baik

Question 11(1 point)

Manakah kelompok kegiatan berikut yang merupakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan pengembangan diri secara kolektif
Question 11 options:
Menghadiri forum KKG, MGMP, dan diskusi ilmiah
Menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi
Menulis artikel, membuat laporan PTK, dan menghasilkan media pembelajaran
Mengikuti diklat pengembangan media pembelajaran
Menghasilkan model pembelajaran inovatif

Question 12(1 point)

Sebagai antisipasi terhadap perkembangan teknologi maka guru sebagai suatu profesi sebaiknya
Question 12 options:
Meningkatkan penguasaan keterampilan teknis pengoperasian komputer
Membeli perangkat ICT keluaran terbaru secara periodik
Mengikuti kursus penguasaan program aplikasi terbaru
Meningkatkan kemampuan integrasi teknologi ke dalam sistem pembelajaran
Meningkatkan kemampuan merawat komputer dan jaringan

Question 13(1 point)

Memahami karateristik siswa dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosioal dan intelektual termasuk dalam kompetensi
Question 13 options:
Pedagogi
Professional
Kepribasian dan profesiaonal
Kepribadian
Sosial

Question 14(1 point)

Manakah sikap guru berikut ini yang bukan menunjukkan dirinya sebagai professional learning...
Question 14 options:
Mengikuti program diklat sesuai kebutuhan pribadi
Memanfaatkan program pendidikan dan latihan yang diselenggarakan pemerintah dengan aktif berpartisipasi
Mengembangkan budaya membaca
Mencari jawaban atas persoalan di kelasnya melalui forum-forum diskusi
Merancang dan melaksanakan PTK sampai melaksanakan tindaklanjut

Question 15(1 point)

Manakah alasan yang paling tepat pentingnya perubahan paradigma terhadap pembelajaran abad 21
Question 15 options:
Abad 21 penuh tantangan sehingga kontrol guru harus semakin diperketat
Teknologi informasi dan komunikasi bisa mengatasi seluruh persoalan pembelajaran
Teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan perubahan peran guru bukan lagi satu-satunya sumber belajar
Teknologi informasi dan komunikasi sangat menentukan keberhasilan pencapaian tujuan
Semakin canggih teknologi maka pembelajaran akan semakin berhasil

Question 16(1 point)

Berikut ini merupakan ciri belajar seorang profesional kecuali
Question 16 options:
Belajar berbasis pengalaman melalui proses aksi refleksi secara siklikal
Menggunakan pengalaman sebagai aktivitas belajar
Mempertimbangkan konteks
Mengedepankan intuisi yang tajam
Tindakan bersumber dari sikap reflektif

Question 17(1 point)

Fungsi organisasi profesi sesuai pasal 41 ayat (2) UUGD adalah untuk
Question 17 options:
Berbagi informasi, mensejahterakan anggota, meningkatkan pengetahuan anggota, dan melatih loyalitas
Memperkuat identitas, memberikan ciri pokok, mengembangkan solidaritas, dan mewadahi bakat minat
Melindungi anggota, menjaga kekompakan, mencari bantuan dana, memajukan pendidikan
Menambah pendapatan, memajukan masyarakat, dan meningkatkan kepedulian sosial
Memajukan profesi, meningkatkan kompetensi, karier, wawasan kependidikan, perlindungan profesi, dan pengabdian kepada masyarakat

Question 18(1 point)

Penelitian tindakan kelas bisa merupakan bagian dari Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Berikut adalah tujuan dari PTK, kecuali
Question 18 options:
Meningkatkan profesionalisme guru
Meningkatkan mutu pembelajaran dan mempertinggi mutu sekolah
Memperbaiki mutu praktek pembelajaran di kelas (masalah yang dirasakan)
Melakukan tindakan yang diyakini lebih baik
Memecahkan masalah nyata di kelas

Question 19(1 point)

Berikut merupakan pernyataan yang benar mengenai suatu profesi pendidikan
Question 19 options:
Memiliki organisasi profesi yang kuat
Memiliki kekebalan hukum
Merupakan aktivitas yang bersifat intuitif
Mengutamakan layanan kepada anggota agar bisa mengabdi masyarakat
Memiliki kajian spesifik yang pernah digeluti, direfleksikan, dan dikembangkan

Question 20(1 point)

Paradigma guru sebagai professional learning dalam konteks guru dalam jabatan dapat dimaknai
Question 20 options:
Guru sebagai profesi memerlukan proses pendidikan yang lama
Guru adalah seorang profesional yang terus mau belajar dan mengembangkan diri
Guru profesional memiliki sertifikat pendidik
Profesi guru memerlukan keahlian khusus
Guru memiliki 4 kompetensi yang utuh

Question 21(1 point )

Generasi milenium memiliki literasi digital dan kesempatan akses informasi cenderung lebih baik. Sikap anda sebagai guru sebaiknya
Question 21 options:
Mengambil peran baru untuk membantu peserta didik berpikir kritis dan selektif
Membatasi peserta didik dalam aksesibilitas informasi
Menginformasikan kepada peserta didik bahwa teknologi merusak generasi
Melarang peserta didik mengakses internet karena berpotensi negative
Melakukan kontrol ketat penggunaan teknologi informasi dan komunikasi

Question 22(1 point)

Bagaimana sebaiknya sikap dan pandangan Anda selaku guru menghadapi peran baru abad 21
Question 22 options:
Tatap muka tidak lebih efektif daripada interaksi yang dimediasi teknologi
Pembelajaran perlu diberikan kebebasan tidak perlu dirancang skenario pembelajaran
Peran baru lebih berat karena memerlukan kemampuan mengelola komunitas belajar
Peran baru lebih ringan karena peserta didik bisa mendapatkan informasi lebih mudah
Peran lebih difokuskan kepada administratif karena peserta didik sudah mandiri

Question 23(1 point)

Menunjukan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru dan percaya diri merupakan kompetensi
Question 23 options:
Kepribadian
Professional
Intelektual
Pedagogi
Sosial

Question 24(1 point)

Bersikap reflektif bagi seorang guru adalah penting berarti
Question 24 options:
Guru harus meyakini setiap tindakannya adalah ilmiah dan rasional
Guru harus mengkritisi praktek yang telah dilakukan dan melakukan perbaikan
Guru selalu mengkaji apa yang telah dilakukan untuk didokumentasikan
Guru harus mengedepankan dan mempertahankan kebiasaan-kebiasaan baik
Guru perlu mengabaikan hal-hal yang masih kurang karena tidak efektif

Question 25(1 point)

Berkomunikasi dengan orang tua siswa dan masyarakat secara santun, empatik, dan efektif tentang program pembelajaran dan kemajuan siswa, serta mengikutsertakan orang tua dan masyarakat dalam program pembelajaran dan dalam mengatasi kesulitan belajar siswa, merupakan kompetensi
Question 25 options:
Pedagogik
Kepribadian
Sosial
Professional
Humanis

Question 26(1 point)

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri termasuk dalam kompetensi
Question 26 options:
Pedagogik
Intelektual
Sosial
Professional
Kepribadian

Question 27(1 point)

Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dengan mengintegrasikan teknologi merupakan kompetensi inti pedagogik pada aspek
Question 27 options:                                                         
berkomunikasi pada peserta didik
Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
Pengembangan kurikulum
Penguasaan terhadap karateristik peserta didik
Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran

Question 28(1 point)

Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran merupakan kompetensi pedagogi pada aspek
Question 28 options:
Melakukan tindakan reflektif
Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
Penguasaan terhadap karateristik peserta didik
Pengembangan kurikulum
Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran

Question 29(1 point)

Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal dengan kreativitasnya termasuk kemampuan pedagogik pada aspek
Question 29 options:
Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
Pengembangan kurikulum
Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik
Penguasaan terhadap karateristik peserta didik

Question 30(1 point)

Berikut yang bukan aspek penting dalam pengelolaan pembelajaran abad 21...
Question 30 options:
menghindari penggunaan smartphone yang berlebihan dalam pembelajaran
menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi
menerapkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking)
mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran
penguatan tugas utama guru sebagai perancang pembelajaran yang kreatif dan inovatif