Sabtu, 29 Februari 2020

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 Kb 1 pedagogik Teori Beajar dan Pembelajaran


      1.Teori stimulus dan respon merupakan teori dari aliran behavioristik , yaitu . . .
a.      Koneksionisme
b.      Operan conditioning
c.       Clasical conditioning
d.      Teori belajar social
e.       Perfeksionisme

2. Dalam kegiatan pembelajaran guru kurang memperhatikan perbedaan individual anak, maka anak . . . .
a.         Memiliki rasa empati pada sesamanya
b.         Penuh toleransi terhadap sesamanya
c.         Senang membantu sesamanya
d.        Dapat bekerjasama dengan anak lain
e.         Sangat menghargai kesamaan

 3.  Penguat negatif harus dikurangi agar respon yang diberikan berbeda, merupakan pendapat yang diberikan oleh  . . . .
a.       Thorndike
b.      Watson
c.       Guthrie
d.      Skinner
e.       Slavin
4. Salah satu inti dari teori behavioristic menurut guthrie adalah  . . . .

a.       Perubahan mental merupakan faktor yang tidak perlu diperhitungkan
b.      Pemuasan kebutuhan biologis adalah penting dan menempati posisi sentral dalam seluruh kegiatan manusia
c.       Hukuman dapat mendorong si terhukum melakukan yang kadangkala lebih buruk dari kesalahan yang diperbuatnya
d.      Hukuman memegang peranan penting dlam proses pembelajaran
e.       Pengaruh hukuman terhadap perubahan tingkah laku sangat bersifat sementara

5.  Ketertinggalan indonesia dari negara-negara lain di sektor pendidikan lebih banyak disebabkan oleh  . . . .
a.       Bidang pendidikan dipandang kurang penting dibandingkan politik dan ekonomi
b.      Kurangnya fasilitas dan sarana pendidikan
c.       Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat
d.      Cenderung membentuk manusia yang sama kurang menghargai perbedaan
e.       Pembangunan sumber daya alam yang lebih dominan dari pada sumber daya manusia

 6.Kecenderungan guru untuk meberikan perlakuan yang sama terhadap anak-anak mengakibatkan anak  . . .
a.       Anak dapat bekerja dalam kelompok dengan baik
b.      Mampu bekerja sama dengan temannya
c.       Ada toleransi terhadap anak-anak lain
d.      Tidak menghargai perbedaan
e.       Anak dapat bekerja sendiri-sendiri

7. Salah satu contoh aplikasi teori behavioristik dalam pembelajaran adalah  . . . .
a.       Pembeajaran mandiri
b.      Pembelajaran dengan powerpoint
c.       Pembelajaran kolaboratif
d.      Pembelajaran dengan sosial media
e.       Pembelajaran dengan web

8. Tingkah laku baru dapat dipelajarijika dipecah menjadi bagian-bagian. Pernyataan ini merupakan teori behavioristik dari aliran . . .
a.       Teori belajar social
b.      Classical conditioning
c.       Perfeksionisme
d.      Koneksionisme
e.       Operant conditioning

9“segala sesuatu di alam tela terstruktur, teratur, dan rapi. Pengetahuan juga tela terstruktur rapi” merupakan pandangan dari teori . . .
a.       Humanistik
b.      Konstruktivistik
c.       Kognitif
d.      Behavioristik
e.       Konstruktivistik

 10. Kurangnya motivasi belajar dan rendahnya prestasi belajar siswa lebih banyak disebabkan karena . . .
a.       Siswa tidak mendapat bimbingan belajar dari orang tua
b.      Siswa pasif dalam belajar dan lebih senang bermain
c.       Pembelajaran kurang menghargai perbedaan individu siswa
d.      Siswa cenderung lebih suka belajar dalam kelompok
e.       Suasana kelas kurang kondusif karena tidak tersedia sarana belajar yang lengkap