Sabtu, 29 Februari 2020

Kunci Jawaban Soal Formatif Modul 3 Kb2 Pedagogik Teori Belajar dan Pembelajaran


1  1. Menurut Piaget saat anak sudah mampu menjelaskan hubungan antara sebab akibat maka anak tersebut telah berada dalam tahap perkembangan ….
a.  intuitif
b. operasional formal
c. pra operasional
d. operasional konkrit
e. sensorimotor

2  2.      Kegiatan mengkategori memiliki dua komponen yaitu; (1) tindakan pembentukan konsep, dan (2) tindakan pemahaman konsep. Merupakan pendapat yang disampaikan oleh ….
a.  Brunner
b.  Piaget
c.  Ausubel
d.  Gardner
e.  Guthrie

3 3.      Perkembangan kognitif merupakan suatu proses genetik, yaitu suatu proses yang didasarkan atas mekanisme biologis perkembangan sistem syaraf merupakan teori yang disampaiakn oleh ….
a. Gardner
b. Ausubel
c. Bruner
d. Guthrie
e. Piaget

4  4.      Seseorang memahami objek-objek atau dunianya melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal, merupakan tahap perkembangan kognitid yang disebut ….
a. Tahap intuitif
b. Tahap enaktif
c. Tahap ikonik
d. Tahap formal
e. Tahap simbolik

5 5.      Dalam teori kognitif, keadaan yang dipengaruhi bagian otak sebelah kanan adalah ….
a. Interiosisasi
b. Asimilasi
c. Disequilibirasi
d. Equilibrasi
e. Akomodasi

6 6.      Penataan urutan materi pelajaran dengan memunculkan gagasan mengenai prasayarat belaajr, yang dituangkan dalam suatu struktur isi, merupakan pengorganisasian materi pembelajaran yang disebut ….
a. Teori Elaborasi
b. Kurikulum spiral
c. Web teaching
d. Teori Skema
e. Hierarki Belajar

7  7.      Proses belajar sebagai perolehan pengetahuan baru dalam diri seseorang dengan cara mengaitkannya dengan struktur kognitif yang sudah ada, merupakan pengorganisasian materi pembelajaran yang disebut ….
a. Teori Skema
b. Web teaching
c. Teori elaborasi
d. Kurikulum spiral
e. Hirarki belajar

8  8.      Penyeimbangan tendensi bawaan untuk mengorganisasikan pengalaman agar mendapatkan adaptasi yang maksimal, dalam teori kognitif disebut ….
a. Interiorisasi
b. Akomodasi
c. Equilibirasi
d. Disequilibirasi
e. Asimilasi

9 9.      Proses menerima informasi dari lingkungan dan merespon sesuai dengan struktur kognitif yang telah dimiliki disebut juga dengan ….
a. Asimilasi
b. Interiorisasi
c. Equilibirasi
d. Akomodasi
e. Disequlibirasi

1 10.  Pemikiran prakonseptual dan periode pemikiran intuitif merupakan bagian dari tahap-tahap perkembangan Piaget, yang berada pada tahapan ….
a. Operasi formal
b. Intuitif
c. Pra Operasional
d. Sensori motor
e. Operasi konkrit