1 1. Menurut Piaget saat anak sudah mampu menjelaskan hubungan
antara sebab akibat maka anak tersebut telah berada dalam tahap perkembangan ….
a. intuitif
b. operasional
formal
c. pra operasional
d. operasional konkrit
e. sensorimotor
2 2.
Kegiatan mengkategori memiliki dua komponen yaitu; (1)
tindakan pembentukan konsep, dan (2) tindakan pemahaman konsep. Merupakan
pendapat yang disampaikan oleh ….
a. Brunner
b. Piaget
c. Ausubel
d. Gardner
e. Guthrie
3 3.
Perkembangan kognitif merupakan suatu proses genetik, yaitu
suatu proses yang didasarkan atas mekanisme biologis perkembangan sistem syaraf
merupakan teori yang disampaiakn oleh ….
a. Gardner
b. Ausubel
c. Bruner
d. Guthrie
e. Piaget
4 4.
Seseorang memahami objek-objek atau dunianya melalui
gambar-gambar dan visualisasi verbal, merupakan tahap perkembangan kognitid
yang disebut ….
a. Tahap intuitif
b. Tahap enaktif
c. Tahap ikonik
d. Tahap formal
e. Tahap simbolik
5 5.
Dalam teori kognitif, keadaan yang dipengaruhi bagian otak
sebelah kanan adalah ….
a. Interiosisasi
b. Asimilasi
c. Disequilibirasi
d. Equilibrasi
e. Akomodasi
6 6.
Penataan urutan materi pelajaran dengan memunculkan gagasan
mengenai prasayarat belaajr, yang dituangkan dalam suatu struktur isi, merupakan
pengorganisasian materi pembelajaran yang disebut ….
a. Teori Elaborasi
b. Kurikulum spiral
c. Web teaching
d. Teori Skema
e. Hierarki
Belajar
7 7.
Proses belajar sebagai perolehan pengetahuan baru dalam diri
seseorang dengan cara mengaitkannya dengan struktur kognitif yang sudah ada,
merupakan pengorganisasian materi pembelajaran yang disebut ….
a. Teori Skema
b. Web teaching
c. Teori elaborasi
d. Kurikulum spiral
e. Hirarki belajar
8 8.
Penyeimbangan tendensi bawaan untuk mengorganisasikan
pengalaman agar mendapatkan adaptasi yang maksimal, dalam teori kognitif
disebut ….
a. Interiorisasi
b. Akomodasi
c. Equilibirasi
d. Disequilibirasi
e. Asimilasi
9 9.
Proses menerima informasi dari lingkungan dan merespon sesuai
dengan struktur kognitif yang telah dimiliki disebut juga dengan ….
a. Asimilasi
b. Interiorisasi
c. Equilibirasi
d. Akomodasi
e. Disequlibirasi
1 10. Pemikiran prakonseptual dan
periode pemikiran intuitif merupakan bagian dari tahap-tahap perkembangan
Piaget, yang berada pada tahapan ….
a. Operasi formal
b. Intuitif
c. Pra Operasional
d. Sensori motor
e. Operasi konkrit