1. Untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan
pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran, karena pendekatan ini ...
o
Menempatkan siswa sebagai subjek belajar
o
Siswa belajar dalam kelompok, maka tugas
guru lebih ringan
o
Siswa banyak diberi tugas, sehingga
belajar lebihaktif
o
Mudah dalam mengevaluasi hasil belajar.
2. Belajar merupakan pemaknaan pengetahuan dan mengajar merupakan proses menggali
makna, hal tersebut merupakan ciri dari teori...
o
Humanistic
o
Beavioristik
o
Kognitif
o
Konstrukivistik
o
Sibernetik
3. Pendekatan Konstruktivistik dicobagunakan untuk meningkatkan motivasi dan
prestasi belajar siswa, karena pendekatan ini...
o
Menempatkan siswa sebagai objek belajar
o
Menuntut keterlibatan aktif siswa
o
Membentuk perilaku yang sama diantara
siswa
o
Mengharuskan siswa untuk selalu
memperhatikan petunjuk guru
o
Menempatkan siswa sebagai “aktor” dalam belajar
4. Model belajar kelompok (kooperatif) dapat membantu siswa meningkatkan...
o
Daya kritis anak
o
Dapat bekerjasama dengan teman yang
sesuai
o
Kemampuan sosial anak
o
Kebersamaan dengan temannya
o
Kemampuan kreatif anak
5. Jarak antara perkembangan aktual dan perkembangan potensi dalam teori kokonstruktivistik dikenal dengan...
o
Mediasi
o
Scofalding
o
Hirarki perkembangan
o
Zona perkembangan proksimal
o
Hukum genetis perkembangan
6. Salah satu ciri dari teori ko-konstruktivistik adalah...
o
Proses belajar merupakan kegiatan
individu untuk membangun pengetahuan
o
Strategi meningkatkan kemampuan
intramentalnya daripada intermentalnya
o
Mengintegrasikan pengetahuan deklaratif dengan pengetahuan prosedural untuk
memecahkan masalah
o
Proses be;ajar merupakan proses
memindahkan ilmu pengetahuan
o
Mengutamakan perkembangan aktual
daripada perkembangan potensial
7. Ciri dari teori belajar konstruktivistik adalah...
o
Siswa dihadapkan pada aturan-aturan yang
jelas yang ditetapkan lebih dulu secara ketat
o
Adanya aturan yang jelas dan mengikat
o
Menekankan pada hasil
o
Aktivitas belajar dalam konteks nyata
o
Evaluasi merupakan bagian terpisah dari
belajar
8. Teori belajar ko-konstruktivistik menekankan proses pembelajaran pada...
o
Belajar menekankan pada hasil
o
Belajar adalah proses memindahkan
pengetahuan
o
Belajar membentuk pengetahuan sendiri
o
Belajar melalui bantuan orang lain
o
Belajar merupakan penambahan ilmu
pengetahuan
9. Mind berfungsi sebagai alatmenginterpretasi sehingga muncul makna yang unik. Merupakan salah satu ciri belajar menurut teori...
o
Behavioristik
o
Humanistik
o
Sibernetik
o
Konstruktivistik
o
Kognitif
10. Pengetahuan berasal dari sumber-sumber sosial, disamping individu sendiriharus aktif, merupakan prinsip pembelajaran berdasarkan teori...
o
Konstruktivistik
o
Behavioristik
o
Humanistik
o
Sibernetik
o
Kokonstruktivistik