Sabtu, 29 Februari 2020

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 Kb 3 Pedagogik Teori Belajar dan Pembelajaran


        

        1.      Untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dengan                       menerapkan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran, karena                pendekatan ini ...
o   Menempatkan siswa sebagai subjek belajar
o   Siswa belajar dalam kelompok, maka tugas guru lebih ringan
o   Siswa banyak diberi tugas, sehingga belajar lebihaktif
o   Mudah dalam mengevaluasi hasil belajar.

       2.      Belajar merupakan pemaknaan pengetahuan dan mengajar merupakan                proses menggali makna, hal tersebut merupakan ciri dari teori...
o   Humanistic
o   Beavioristik
o   Kognitif
o   Konstrukivistik
o   Sibernetik

      3.      Pendekatan Konstruktivistik dicobagunakan untuk meningkatkan motivasi           dan prestasi belajar siswa, karena pendekatan ini...
o   Menempatkan siswa sebagai objek belajar
o   Menuntut keterlibatan aktif siswa
o   Membentuk perilaku yang sama diantara siswa
o   Mengharuskan siswa untuk selalu memperhatikan petunjuk guru
o   Menempatkan siswa sebagai “aktor” dalam belajar

      4.      Model belajar kelompok (kooperatif) dapat membantu siswa                               meningkatkan...
o   Daya kritis anak
o   Dapat bekerjasama dengan teman yang sesuai
o   Kemampuan sosial anak
o   Kebersamaan dengan temannya
o   Kemampuan kreatif anak

     5.      Jarak antara perkembangan aktual dan perkembangan potensi dalam teori          kokonstruktivistik dikenal dengan...
o   Mediasi
o   Scofalding
o   Hirarki perkembangan
o   Zona perkembangan proksimal
o   Hukum genetis perkembangan

      6.      Salah satu ciri dari teori ko-konstruktivistik adalah...
o   Proses belajar merupakan kegiatan individu untuk membangun pengetahuan
o   Strategi meningkatkan kemampuan intramentalnya daripada intermentalnya
o   Mengintegrasikan pengetahuan deklaratif dengan pengetahuan prosedural untuk memecahkan masalah
o   Proses be;ajar merupakan proses memindahkan ilmu pengetahuan
o   Mengutamakan perkembangan aktual daripada perkembangan potensial



        7.      Ciri dari teori belajar konstruktivistik adalah...
o   Siswa dihadapkan pada aturan-aturan yang jelas yang ditetapkan lebih dulu secara ketat
o   Adanya aturan yang jelas dan mengikat
o   Menekankan pada hasil
o   Aktivitas belajar dalam konteks nyata
o   Evaluasi merupakan bagian terpisah dari belajar

      8.      Teori belajar ko-konstruktivistik menekankan proses pembelajaran pada...
o   Belajar menekankan pada hasil
o   Belajar adalah proses memindahkan pengetahuan
o   Belajar membentuk pengetahuan sendiri
o   Belajar melalui bantuan orang lain
o   Belajar merupakan penambahan ilmu pengetahuan

      9.      Mind berfungsi sebagai alatmenginterpretasi sehingga muncul makna                 yang  unik. Merupakan salah satu ciri belajar menurut teori...
o   Behavioristik
o   Humanistik
o   Sibernetik
o   Konstruktivistik
o   Kognitif

    10.     Pengetahuan berasal dari sumber-sumber sosial, disamping individu                     sendiriharus aktif, merupakan prinsip pembelajaran berdasarkan teori...
o   Konstruktivistik
o   Behavioristik
o   Humanistik
o   Sibernetik
o   Kokonstruktivistik