1.
Belajar
yang menekankan pada upaya agar seseorang mencapai suatu pemahaman dan
kesadaran yang tinggi akan terjadinya perubahan atau transformasi budaya dalam
lingkungan sosialnya. Merupakan ciri dari belajar
a.
Discovery Learning
b.
Technical
Learning
c.
Collaborative
Learning
d.
Partical
Learning
e.
Emancipatory Learning
2.
Agar
pembelajaran menyenangkan bagi anak, upaya yang perlu dilakukan guru adalah
a.
Memecah-mecah
materi ke dalam bagian-bagian yang lebih kecil
b.
Diberi
latihan-latihan soal
c.
Mengkaitkan materi pelajaran dengan
pengalaman anak
d.
Anak disuruh mempraktekkan
materi yang dipelajari
e.
Anak diminta untuk membaca literatur yang telah disediakan
guru
3.
Guru
harus berupaya agar anak senang belajar, dengan cara anak…
a.
Taat
pada aturan-aturan belajar
b. Melakukan demonstrasi
c.
Mencari
teman belajar yang cocok
d. Mampu memanfaatkan waktu belajar
sebaik-baiknya
e.
Berani mengemukakan pendapat atau
gagasannya
4.
Banyak
menggunakan penalaran, kritis, suka menganalisis, berpikir rasional, kembali ke
teori, konsep, hukum, tidak suka pendapat yang subyektif, penuh pertimbangan,
tidak suka spekulatif, tegas/kuat pendiriannya, tidak mudah terpengaruh,
menurut HONEY & MUMFORD merupakan ciri dari golongan
a.
Teoritis
b. Aktifis
c.
Individualis
d. Reflektor
e.
Pragmatis
5.
Sumbangan
ide dari Hubermas terhadap teori humanistic adalah…
a.
Domain hasil
belajar
b.
Tingkat
perkembangan kognitif
c.
Pembagian
tahapan belajar
d.
Pembagian
golongan orang yang belajar
e.
Tipe-tipe belajar
6.
Belajar
bagaimana seseorang dapat berinteraksi dengan lingkungan sosialnya, yaitu
dengan orang-orang disekelilingnya dengan baik merupakan ciri dari belajar
a.
Discovery learning
b.
Emancipatory
learning
c.
Practical Learning
d.
Collaborative learning
e.
Technical
Learning
7.
Tingkat
tertinggi dari domain kognitif adalah
a.
Pemahaman
b.
Aplikasi
c.
Kreatif
d.
Analisis
e.
Sintesis
8.
Berpikir
induktif membuat abstraksi, mengembangkan teori, konsep, hukum, prosedur
terhadap obyek perhatiannya, merupakan tahap belajar menurut Kolb, yaitu…
a.
Tahap pengalaman konkrit
b.
Tahap pengamatan reflektif
c.
Tahap Konseptualisasi
d.
Tahap pengamatan aktif
e.
Tahap eksperimentasi akitif
9.
Tokoh
dari teori humanistic yang terkenal dengan pembagian domain hasil belajar
adalah…
a.
Gardner
b.
Kolb
c.
Bloom & Krathwohl
d.
Honey and Mumfrod
e.
Hubermas
10. Anak akan merasa belajar itu menyenangkan
jika…
a.
Sesuai dengan taraf berpikir anak
b.
Ada keterlibatan intelektual dan
emosional anak
c.
Belajar
melalui penyelesaian tugas terstruktur
d.
Belajar
yang dipraktekkan
e.
Diadakan
kompetisi dalam belajar