Sabtu, 29 Februari 2020

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul 3 Kb 4 Pedagogik Teori Belajar dan Pembelajaran



1.       Belajar yang menekankan pada upaya agar seseorang mencapai suatu pemahaman dan kesadaran yang tinggi akan terjadinya perubahan atau transformasi budaya dalam lingkungan sosialnya. Merupakan ciri dari belajar
a.         Discovery Learning
b.         Technical Learning
c.         Collaborative Learning
d.        Partical Learning
e.         Emancipatory Learning

2.       Agar pembelajaran menyenangkan bagi anak, upaya yang perlu dilakukan guru adalah
a.         Memecah-mecah materi ke dalam bagian-bagian yang lebih kecil
b.         Diberi latihan-latihan soal
c.         Mengkaitkan materi pelajaran dengan pengalaman anak
d.        Anak disuruh mempraktekkan materi yang dipelajari
e.         Anak diminta untuk membaca literatur yang telah disediakan guru

3.       Guru harus berupaya agar anak senang belajar, dengan cara anak…
a.        Taat pada aturan-aturan belajar
b.       Melakukan demonstrasi
c.        Mencari teman belajar yang cocok
d.       Mampu memanfaatkan waktu belajar sebaik-baiknya
e.        Berani mengemukakan pendapat atau gagasannya

4.       Banyak menggunakan penalaran, kritis, suka menganalisis, berpikir rasional, kembali ke teori, konsep, hukum, tidak suka pendapat yang subyektif, penuh pertimbangan, tidak suka spekulatif, tegas/kuat pendiriannya, tidak mudah terpengaruh, menurut HONEY & MUMFORD merupakan ciri dari golongan
a.        Teoritis
b.       Aktifis
c.        Individualis
d.       Reflektor
e.        Pragmatis

5.      Sumbangan ide dari Hubermas terhadap teori humanistic adalah…
a.       Domain hasil belajar
b.      Tingkat perkembangan kognitif
c.       Pembagian tahapan belajar
d.      Pembagian golongan orang yang belajar
e.       Tipe-tipe belajar

6.      Belajar bagaimana seseorang dapat berinteraksi dengan lingkungan sosialnya, yaitu dengan orang-orang disekelilingnya dengan baik merupakan ciri dari belajar
a.       Discovery learning
b.      Emancipatory learning
c.       Practical Learning
d.      Collaborative learning
e.       Technical Learning

7.      Tingkat tertinggi dari domain kognitif adalah
a.       Pemahaman
b.      Aplikasi
c.       Kreatif
d.      Analisis
e.       Sintesis

8.      Berpikir induktif membuat abstraksi, mengembangkan teori, konsep, hukum, prosedur terhadap obyek perhatiannya, merupakan tahap belajar menurut Kolb, yaitu…
a.       Tahap pengalaman konkrit
b.      Tahap pengamatan reflektif
c.       Tahap Konseptualisasi
d.      Tahap pengamatan aktif
e.       Tahap eksperimentasi akitif

9.      Tokoh dari teori humanistic yang terkenal dengan pembagian domain hasil belajar adalah…
a.       Gardner
b.      Kolb
c.       Bloom & Krathwohl
d.      Honey and Mumfrod
e.       Hubermas

10.  Anak akan merasa belajar itu menyenangkan jika…
a.       Sesuai dengan taraf berpikir anak
b.      Ada keterlibatan intelektual dan emosional anak
c.       Belajar melalui penyelesaian tugas terstruktur
d.      Belajar yang dipraktekkan
e.       Diadakan kompetisi dalam belajar