Question 1
options:
Senang
membantu sesamanya
|
|
Penuh toleransi terhadap
sesamanya
|
|
Sangat
menghargai kesamaan
|
|
Dapat
bekerja sama dengan anak lain
|
|
Memiliki
empati yang tinggi
|
Teori
Stimulus dan respon merupakan teori dari aliran behavioristik, yaitu:
Question 2
options:
Koneksionisme
|
|
Operan
conditioning
|
|
Teori
belajar social
|
|
Perfectionisme
|
|
Clasical conditioning
|
Berikut ini
yang bukan merupakan prinsip-prinsip Classical conditioning menurut Elliot
adalah…
Question 3
options:
Deskriminasi
|
|
Spontaneous recovery
|
|
Generalisasi
Rangsangan
|
|
Extinction
|
|
Respon
Terkondisi
|
Segala sesuatu di alam telah terstruktur, teratur, dan
rapi. Pengetahuan juga telah terstruktur rapi" merupakan pandangan dari
teori…
Question 4
options:
Humanistik
|
|
Behavioristik
|
|
Kognitive
|
|
Kokonstruktivistik
|
|
Konstruktivistik
|
Tingkah laku
baru dapat dipelajari jika dipecah menjadi bagian-bagian. Pernyataan ini
merupakan teori behavioristik dari aliran…
Question 5
options:
Clasical
conditioning
|
|
Perfeksionisme
|
|
Koneksionisme
|
|
Teori
belajar social
|
|
Operan conditioning
|
Guru harus
berupaya agar siswa senang belajar, dengan cara siswa ...
Question 6
options:
mencari
teman belajar yang sesuai
|
|
mampu
memanfaatkan waktu belajar dan bermain dengan baik
|
|
berani mengemukakan
pendapat atau gagasannya pada teman dan guru
|
|
diberikan
cukup banyak media pembelajaran
|
|
taat pada
aturan-aturan belajar yang berlaku
|
Penyeimbangan
tendensi bawaan untuk mengorganisasikan pengalaman agar mendapatkan adaptasi
yang maksimal, dalam teori kognitif disebut…
Question 7
options:
Akomodasi
|
|
Equiblirasi
|
|
Interiorisasi
|
|
Disequilibirasi
|
|
Asimilasi
|
Dalam teori
kognitif, keadaan yang dipengaruhi oleh bagian otak sebelah kanan adalah…
Question 8
options:
Disequilibirasi
|
|
Equiblirasi
|
|
Akomodasi
|
|
Interiorisasi
|
|
Asimilasi
|
Pemikiran
prakonseptual dan periode pemikiran intuitif merupakan bagian dari tahap-tahap
perkembangan Piaget, yang berada pada tahapan…
Question 9
options:
Pra-operasional
|
|
Sensori
motor
|
|
Operasi
Kongrit
|
|
Intuitif
|
|
Operasi
Formal
|
Belajar
merupakan pemaknaan pengetahuan dan mengajar merupakan proses menggali makna,
hal tersebut merupakan ciri dari teori…
Question 10
options:
Behavioristik
|
|
Kognitif
|
|
Humanistic
|
|
Sibernetik
|
|
Konstruktivistik
|
Bu Ani
mengajar di siang hari untuk mata pelajaran yang memerlukan konsentrasi belajar
tinggi.Bagaimana seharusnya Bu Ani melaksanakan pembelajaran pada siang hari
ketika siswa sudah mulai lelah dan mengantuk? Sebaiknya Bu Ani menerapkan
strategi pembelajaran yang....
Question 11
options:
Memaksa
siswa untuk memusatkan perhatiannya
|
|
Melibatkan kemampuan
intelektual dan emosional siswa
|
|
Pembelajaran
dilaksanakan di luar kelas
|
|
Pembelajaran
atraktif dan menyenangkan siswa
|
|
Dapat
melibatkan kegiatan fisik siswa
|
Mind
berfungsi sebagai alat menginterpretasi sehingga muncul makna yang unik,
merupakan salah satu ciri belajar menurut teori…
Question 12
options:
Humanistic
|
|
Konstruktivistik
|
|
Behavioristik
|
|
Kognitif
|
|
Sibernetik
|
Hirarkhi
belajar dan analisis tugas merupakan bentuk pembelajaran yang dikembangkan
berdasarkan teori…
Question 13
options:
Kognitif
|
|
Humanistic
|
|
Behavioristik
|
|
Sibernetik
|
|
Konstruktivistik
|
Berikut ini
merupakan ciri dari teori belajar behavioristik, kecuali…
Question 14
options:
Kegagalan
atau ketidakmampuan dalam menambah pengetahuan dikategorikan sebagai
kesalahan, harus dihukum
|
|
Tujuan
pembelajaran menekankan pada penambahan pengetahuan
|
|
Mind
berfungsi sebagai alat penjiplak pengetahuan
|
|
Kontrol belajar dipegang
oleh siswa
|
|
Siswa
diharapkan memiliki pemahaman yang sama dengan pengajar terhadap pengetahuan
yang dipelajar
|
Ciri dari
teori belajar konstruktivistik adalah…
Question 15
options:
Menekankan
pada hasil
|
|
Evaluasi
merupakan bagian terpisah dari belajar
|
|
Proses
belajar sebagai proses transfer pengetahuan
|
|
Siswa
dihadapkan pada aturan-aturan yang jelas yang ditetapkan lebih dulu secara
ketat
|
|
Aktivitas belajar dalam
konteks nyata
|
Pengetahuan
berasal dari sumber-sumber sosial, di samping individu sendiri harus aktif,
merupakan prinsip pembelajaran berdasarkan teori…
Question 16
options:
Konstruktivistik
|
|
Behavioristik
|
|
Sibernetik
|
|
Humanistik
|
|
Kokonstruktivistik
|
Teori
belajar kokonstruktivistik menekankan proses pembelajaran pada…
Question 17
options:
Belajar
merupakan proses pendisiplinan
|
|
Belajar
membentuk pengetahuan sendiri
|
|
Belajar melalui bantuan
orang lain
|
|
Belajar
menekankan pada hasil
|
|
Belajar
merupakan penambahan ilmu pengetahuan
|
Berpikir
induktif membuat abstraksi, mengembangkan teori, konsep, hukum, prosedur
terhadap obyek perhatiannya, merupakan tahap belajar menurut Kolb, yaitu tahap…
Question 18
options:
Tahap
pengamatan reflektif
|
|
Tahap
pengalaman konkrit
|
|
Tahap
pengamatan aktif
|
|
Tahap konseptualisasi
|
|
Tahap
eksperimentasi aktif
|
Sumbangan
ide dari Hubermas terhadap teori humanistic adalah…
Question 19
options:
Gaya
Belajar
|
|
Domain
hasil belajar
|
|
Pembagian
Golongan orang yang belajar
|
|
Tipe-tipe belajar
|
|
Pembagian
tahapan belajar
|
Banyak
menggunakan penalaran, kritis, suka menganalisis, berpikir rasional, kembali ke
teori, konsep, hukum.Tdk suka pendapat yg subyektif.Penuh pertimbangan tdk suka
spekulatif. Tegas/kuat pendiriannya, tdk mudah terpengaruh, menurut HONEY &
MUMFORD merupakan ciri dari golongan…
Question 20
options:
Reaktif
|
|
Reflector
|
|
Aktifis
|
|
Pragmatis
|
|
Teoris
|
Tokoh dari
teori humanistic yang terkenal dengan pembagian domain hasil belajar adalah…
Question 21
options:
Kolb
|
|
Gardner
|
|
Hubermas
|
|
Bloom & Krathwohl
|
|
Honey
& Mumford
|
Setiap siswa
melakukan kegiatan baru akan membentuk jalur-jalur/sel otak baru, dan jika
mengulangi pengalaman/aktivitasnya, akan mengembangkan jalur-jalur yang telah
ada. Arinya....
Question 22
options:
Belajar
mengetahui cara kerja sesuatu
|
|
Pengalaman
belajar harus sesuai dengan teori belajar
|
|
Kegiatan
bereksperimen dan mencipta sangat penting
|
|
Kegiatan setiap hari
merupakan pengalaman belajar
|
|
Belajar
dengan menirukan orang dewasa
|
Agar
pembelajaran bermakna perbedaan pendapat perlu dihargai dan belajar
eksperensial perlu dilakukan. Hal ini merupakan ciri belajar berdasarkan teori…
Question 23
options:
Konstruktivistik
|
|
Sibernetik
|
|
Kokonstruktivistik
|
|
Humanistik
|
Jarak antara
perkembangan actual dan perkembangan potensial dalam teori kokonstruktivistik
dikenal dengan…
Question 24
options:
Hirarkhi
perkembangan
|
|
Hukum
Genetik Perkembangan
|
|
Mediasi
|
|
Zona Perkembangan
Proksimal
|
|
Scofalding
|
Salah satu
ciri dari teori kokonstruktivistik adalah…
Question 25
options:
Proses
belajar merupakan kegiatan individu untuk membangun pengetahuan
|
|
Mengutamakan
perkembangan actual daripada perkembangan potensialnya
|
|
Proses
belajar menekankan pada hasil belajar
|
|
Mengintegrasikan
pengetahuan deklaratif dengan pengetahuan prosedural utk memecahkan masalah
|
|
Strategi
meningkatkan kemampuan intramentalnya dari pada intermentalnya
|
Kecenderungan
guru untuk memberikan perlakuan yang sama terhadap anak-anak mengakibatkan anak
...
Question 26
options:
Anak
memiliki kemampuan sosial yang baik
|
|
Tidak menghargai
perbedaan
|
|
Anak dapat
bekerja sendiri-sendiri
|
|
Mampu
bekerja sama dengan temannya
|
|
Ada
toleransi terhadap anak-anak lain
|
Model
belajar kelompok (kooperatif) dapat membantu siswa meningkatkan ...
Question 27
options:
Dapat
bekerja sama dengan teman yang sesuai
|
|
Kemampuan sosial anak
|
|
Memiliki
tanggungjawab tinggi
|
|
Daya
kritis anak
|
|
Kebersamaan
dengan temannya
|
Kurangnya
motivasi belajar dan rendahnya pestasi belajar siswa lebih banyak disebabkan
karena ...
Question 28
options:
Pembelajaran kurang
menghargai perbedaan individu siswa
|
|
Suasana
kelas kurang kondusif karena tidak tersedia sarana belajar yang lengkap
|
|
Siswa
terlalu banyak diberikan tugas
|
|
Siswa
tidak mendapat bimbingan belajar dari orang tua
|
|
Siswa
pasif dalam belajar dan lebih senang bemain.
|
Untuk
meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan pendekatan
konstruktivisme dalam pembelajaran, karena pendekatan ini ...
Question 29
options:
Siswa
belajar dalam kelompok, maka tugas guru lebih ringan
|
|
Menempatkan
siswa sebagai objek belajar
|
|
Siswa
banyak diberi tugas, sehingga belajar lebih aktif.
|
|
Menempatkan siswa
sebagai subyek belajar
|
|
Mudah
dalam mengevaluasi hasil belajar siswa
|
Guru
memberikan umpan balik untuk meningkatkan kegiatan belajar siswa dapat
dilakukan dengan cara …
Question 30
options:
Memberikan
nilai terhadap prestasinya
|
|
Bersifat informasi yang
membangun
|
|
Memberikan
hukuman bila siswa melakukan kesalahan
|
|
Individu
maupun kelompok
|
|
Menunjukkan
kesalahannya
|