Sabtu, 29 Februari 2020

Kunci Jawaban Tes Sumatif Modul 3 Pedagogik Teori Belajar dan Pembelajaran


Di dalam kegiatan pembelajaran guru kurang memperhatikan perbedaan individual anak, maka anak ...
Question 1 options:
Senang membantu sesamanya
Penuh toleransi terhadap sesamanya
Sangat menghargai kesamaan
Dapat bekerja sama dengan anak lain
Memiliki empati yang tinggi

Teori Stimulus dan respon merupakan teori dari aliran behavioristik, yaitu:
Question 2 options:
Koneksionisme
Operan conditioning
Teori belajar social
Perfectionisme
Clasical conditioning
Berikut ini yang bukan merupakan prinsip-prinsip Classical conditioning menurut Elliot adalah…
Question 3 options:
Deskriminasi
Spontaneous recovery
Generalisasi Rangsangan
Extinction
Respon Terkondisi

Segala sesuatu di alam telah terstruktur, teratur, dan rapi. Pengetahuan juga telah terstruktur rapi" merupakan pandangan dari teori…
Question 4 options:
Humanistik
Behavioristik
Kognitive
Kokonstruktivistik
Konstruktivistik

Tingkah laku baru dapat dipelajari jika dipecah menjadi bagian-bagian. Pernyataan ini merupakan teori behavioristik dari aliran…
Question 5 options:
Clasical conditioning
Perfeksionisme
Koneksionisme
Teori belajar social
Operan conditioning

Guru harus berupaya agar siswa senang belajar, dengan cara siswa ...
Question 6 options:
mencari teman belajar yang sesuai
mampu memanfaatkan waktu belajar dan bermain dengan baik
berani mengemukakan pendapat atau gagasannya pada teman dan guru
diberikan cukup banyak media pembelajaran
taat pada aturan-aturan belajar yang berlaku

Penyeimbangan tendensi bawaan untuk mengorganisasikan pengalaman agar mendapatkan adaptasi yang maksimal, dalam teori kognitif disebut…
Question 7 options:
Akomodasi
Equiblirasi
Interiorisasi
Disequilibirasi
Asimilasi

Dalam teori kognitif, keadaan yang dipengaruhi oleh bagian otak sebelah kanan adalah…
Question 8 options:
Disequilibirasi
Equiblirasi
Akomodasi
Interiorisasi
Asimilasi

Pemikiran prakonseptual dan periode pemikiran intuitif merupakan bagian dari tahap-tahap perkembangan Piaget, yang berada pada tahapan…
Question 9 options:
Pra-operasional
Sensori motor
Operasi Kongrit
Intuitif
Operasi Formal

Belajar merupakan pemaknaan pengetahuan dan mengajar merupakan proses menggali makna, hal tersebut merupakan ciri dari teori…
Question 10 options:
Behavioristik
Kognitif
Humanistic
Sibernetik
Konstruktivistik

Bu Ani mengajar di siang hari untuk mata pelajaran yang memerlukan konsentrasi belajar tinggi.Bagaimana seharusnya Bu Ani melaksanakan pembelajaran pada siang hari ketika siswa sudah mulai lelah dan mengantuk? Sebaiknya Bu Ani menerapkan strategi pembelajaran yang....
Question 11 options:
Memaksa siswa untuk memusatkan perhatiannya
Melibatkan kemampuan intelektual dan emosional siswa
Pembelajaran dilaksanakan di luar kelas
Pembelajaran atraktif dan menyenangkan siswa
Dapat melibatkan kegiatan fisik siswa

Mind berfungsi sebagai alat menginterpretasi sehingga muncul makna yang unik, merupakan salah satu ciri belajar menurut teori…
Question 12 options:
Humanistic
Konstruktivistik
Behavioristik
Kognitif
Sibernetik

Hirarkhi belajar dan analisis tugas merupakan bentuk pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan teori…
Question 13 options:
Kognitif
Humanistic
Behavioristik
Sibernetik
Konstruktivistik

Berikut ini merupakan ciri dari teori belajar behavioristik, kecuali…
Question 14 options:
Kegagalan atau ketidakmampuan dalam menambah pengetahuan dikategorikan sebagai kesalahan, harus dihukum
Tujuan pembelajaran menekankan pada penambahan pengetahuan
Mind berfungsi sebagai alat penjiplak pengetahuan
Kontrol belajar dipegang oleh siswa
Siswa diharapkan memiliki pemahaman yang sama dengan pengajar terhadap pengetahuan yang dipelajar

Ciri dari teori belajar konstruktivistik adalah…
Question 15 options:
Menekankan pada hasil
Evaluasi merupakan bagian terpisah dari belajar
Proses belajar sebagai proses transfer pengetahuan
Siswa dihadapkan pada aturan-aturan yang jelas yang ditetapkan lebih dulu secara ketat
Aktivitas belajar dalam konteks nyata

Pengetahuan berasal dari sumber-sumber sosial, di samping individu sendiri harus aktif, merupakan prinsip pembelajaran berdasarkan teori…
Question 16 options:
Konstruktivistik
Behavioristik
Sibernetik
Humanistik
Kokonstruktivistik

Teori belajar kokonstruktivistik menekankan proses pembelajaran pada…
Question 17 options:
Belajar merupakan proses pendisiplinan
Belajar membentuk pengetahuan sendiri
Belajar melalui bantuan orang lain
Belajar menekankan pada hasil
Belajar merupakan penambahan ilmu pengetahuan

Berpikir induktif membuat abstraksi, mengembangkan teori, konsep, hukum, prosedur terhadap obyek perhatiannya, merupakan tahap belajar menurut Kolb, yaitu tahap…
Question 18 options:
Tahap pengamatan reflektif
Tahap pengalaman konkrit
Tahap pengamatan aktif
Tahap konseptualisasi
Tahap eksperimentasi aktif

Sumbangan ide dari Hubermas terhadap teori humanistic adalah…
Question 19 options:
Gaya Belajar
Domain hasil belajar
Pembagian Golongan orang yang belajar
Tipe-tipe belajar
Pembagian tahapan belajar

Banyak menggunakan penalaran, kritis, suka menganalisis, berpikir rasional, kembali ke teori, konsep, hukum.Tdk suka pendapat yg subyektif.Penuh pertimbangan tdk suka spekulatif. Tegas/kuat pendiriannya, tdk mudah terpengaruh, menurut HONEY & MUMFORD merupakan ciri dari golongan…
Question 20 options:
Reaktif
Reflector
Aktifis
Pragmatis
Teoris

Tokoh dari teori humanistic yang terkenal dengan pembagian domain hasil belajar adalah…
Question 21 options:
Kolb
Gardner
Hubermas
Bloom & Krathwohl
Honey & Mumford

Setiap siswa melakukan kegiatan baru akan membentuk jalur-jalur/sel otak baru, dan jika mengulangi pengalaman/aktivitasnya, akan mengembangkan jalur-jalur yang telah ada. Arinya....
Question 22 options:
Belajar mengetahui cara kerja sesuatu
Pengalaman belajar harus sesuai dengan teori belajar
Kegiatan bereksperimen dan mencipta sangat penting
Kegiatan setiap hari merupakan pengalaman belajar
Belajar dengan menirukan orang dewasa

Agar pembelajaran bermakna perbedaan pendapat perlu dihargai dan belajar eksperensial perlu dilakukan. Hal ini merupakan ciri belajar berdasarkan teori…
Question 23 options:
Konstruktivistik
Sibernetik
Kokonstruktivistik
Humanistik

Jarak antara perkembangan actual dan perkembangan potensial dalam teori kokonstruktivistik dikenal dengan…
Question 24 options:
Hirarkhi perkembangan
Hukum Genetik Perkembangan
Mediasi
Zona Perkembangan Proksimal
Scofalding

Salah satu ciri dari teori kokonstruktivistik adalah…
Question 25 options:
Proses belajar merupakan kegiatan individu untuk membangun pengetahuan
Mengutamakan perkembangan actual daripada perkembangan potensialnya
Proses belajar menekankan pada hasil belajar
Mengintegrasikan pengetahuan deklaratif dengan pengetahuan prosedural utk memecahkan masalah
Strategi meningkatkan kemampuan intramentalnya dari pada intermentalnya

Kecenderungan guru untuk memberikan perlakuan yang sama terhadap anak-anak mengakibatkan anak ...
Question 26 options:
Anak memiliki kemampuan sosial yang baik
Tidak menghargai perbedaan
Anak dapat bekerja sendiri-sendiri
Mampu bekerja sama dengan temannya
Ada toleransi terhadap anak-anak lain

Model belajar kelompok (kooperatif) dapat membantu siswa meningkatkan ...
Question 27 options:
Dapat bekerja sama dengan teman yang sesuai
Kemampuan sosial anak
Memiliki tanggungjawab tinggi
Daya kritis anak
Kebersamaan dengan temannya

Kurangnya motivasi belajar dan rendahnya pestasi belajar siswa lebih banyak disebabkan karena ...
Question 28 options:
Pembelajaran kurang menghargai perbedaan individu siswa
Suasana kelas kurang kondusif karena tidak tersedia sarana belajar yang lengkap
Siswa terlalu banyak diberikan tugas
Siswa tidak mendapat bimbingan belajar dari orang tua
Siswa pasif dalam belajar dan lebih senang bemain.

Untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran, karena pendekatan ini ...
Question 29 options:
Siswa belajar dalam kelompok, maka tugas guru lebih ringan
Menempatkan siswa sebagai objek belajar
Siswa banyak diberi tugas, sehingga belajar lebih aktif.
Menempatkan siswa sebagai subyek belajar
Mudah dalam mengevaluasi hasil belajar siswa

Guru memberikan umpan balik untuk meningkatkan kegiatan belajar siswa dapat dilakukan dengan cara …
Question 30 options:
Memberikan nilai terhadap prestasinya
Bersifat informasi yang membangun
Memberikan hukuman bila siswa melakukan kesalahan
Individu maupun kelompok
Menunjukkan kesalahannya